News

All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate : Flagship Mazda Untuk Pecinta Mobil

JAKARTA, 2 Agustus 2018 – Filosofi Mazda yang menciptakan mobil untuk selalu dicintai membuat mereka tak henti menyempurnakan produk-produknya. Kali ini, model saloon premium unggulan Mazda, yaitu All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate juga mendapatkan penyegaran dan penyempurnaan (facelift) ketiga kalinya untuk memenuhi keinginan pecinta Mazda. Dan di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 ini, PT Eurokars Motors Indonesia (EMI) memperkenalkan All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate yang telah mendapatkan facelift.

Di ubahan ketiga kali ini, Mazda memberikan ubahan paling besar pada All New Mazda6. Jika pada dua facelift sebelumnya Mazda berfokus untuk mencapai kenikmatan berkendara yang ideal, pada ubahan yang terkini ini, tim pengembangan ingin memberikan kepuasan bagi para pecinta mobil, dengan memberi kesempatan sang pemilik dapat menikmatinya bersama dengan keluarga atau teman-teman.

Apa yang dilakukan tim pengembang All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate berfokus untuk menyuguhkan pengendaraan yang lebih relaks dan lebih meringankan pengemudi. Perbaikan dari sisi performa memberikan keyakinan pada pengemudi, bahwa mereka dapat mengandalkan mobil ini setiap saat, sehingga membuatnya dapat berkendara lebih santai dan menikmati perjalanan dengan All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate semakin baik. Badannya kini semakin kaku, pengendaraan lebih senyap dan sistem suspensi yang didesain ulang membuat perjalanan berkendara dengan All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate semakin istimewa. Selain itu, dalam hal keselamatan, All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate kini mengadopsi beberapa fitur keselamatan terbaru dari i-ACTIVSENSE.

Desain

Konsep di balik pengembangan penyegaran ketiga bagi All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate ini adalah “Kemewahan yang Sempurna”. Baik eksterior maupun interior disegarkan untuk dapat tampil dengan level kemewahan yang ditingkatkan dan menjadikannya tampil seakan lebih dewasa.

Di bagian eksterior, perubahan ditampilkan untuk semakin menonjolkan kemewahan yang dimiliki oleh All New Mazda6 ELITE baik model sedan maupun estate. Di bagian depan, perubahan paling signifikan hadir dari grille yang baru dengan bentuk sayap khas Mazda, namun kini dengan bagian tengah berbentuk jaring, menggantikan bilah-bilah horisontal. Hal ini semakin mempertegas tampilan All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate yang bertenaga, ditambah dengan perubahan lampu depan yang berdesain tajam, menegaskan peforma yang dimiliki. Lampu sein LED kini terletak di bagian atas lampu utama untuk menegaskan tampilannya.

Desain bumper bagian depan juga berubah dengan dipindahkannya lampu kabut yang kini menyatu dengan lampu utama. Di bumper kini terdapat aksen chrome horisontal yang menyatu dengan lubang udara di tengah bumper yang sekaligus meningkatkan nilai aerodinamika dengan mengalirkan udara ke bagian roda depan.

Pada bagian belakang, perubahan terjadi pada bumper, dimana pada bagian bawah bumper sebelumnya berwarna hitam, kini menjadi sewarna dengan badan mobil. Perubahan ini diadopsi baik oleh All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate. Meski begitu, perubahan lebih banyak terjadi pada model sedan, mengingat tampilan sporty yang dimiliki oleh model estate sudah begitu dicintai oleh konsumennya.

 

Di model sedan, perubahan tampak terjadi pada bentuk lampu belakang yang berubah, serta garnish horisontal yang juga menyesuaikan dengan desain baru lampu. Ujung pipa knalpot kini semakin dekat ujung luar bumper, menjadikannya tampak menyatu dengan desain bumper secara keseluruhan. Kombinasi lampu belakang All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate terbaru memiliki kesamaan dengan lampu depannya, memberikan kesan mobil yang semakin rendah dan sosok yang bertenaga.

Pancaran kemewahan All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate semakin kuat dengan desain velg berukuran 19 inci yang juga baru. Ukuran besar velg, yang berpadu dengan desain palang tegas memastikan tampilan kekar Mazda6. Sosoknya tampil semakin cantik berkat penggunaan warna Soul Red Crystal untuk menggantikan warna Soul Red sebelumnya. All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate mendapatkan pilihan warna lain yaitu: Machine Gray, Jet Black Mica, Snowflake White Pearl Mica.

Di interior, All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate mendapatkan penyegaran pada panel instrumen dan seluruh bagian door trim. Desain yang mengallir, mulai dari dashboard hingga ke door trim dirancang untuk memperkuat nilai kecepatan yang dimiliki oleh Mazda6. Di bagian tengah, kini All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate mendapatkan layar sentuh berukuran 8 inci sebagai pusat informasi dan pengaturan. Desain ulang tempat duduk sekaligus melapisinya dengan material berkualitas tinggi tak hanya memberikan nilai ergonomi tinggi, namun juga sekaligus menegaskan kemewahannya.

Material terbaik yang dipilih Mazda pada All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate terbaru termasuk bahan kulit Nappa, lapisan kayu asli berkualitas serta aksen bahan suede di beberapa bagian. Bahan kulit Nappa digunakan untuk membalut tempat duduk yang menghasilkan kenyamanan sekaligus menyempurnakan kualitas kemewahan pada All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate terbaru. Tak hanya bahan kulit, aksen kayu di beberapa bagian bahkan dipilih menggunakan Japanese Sen, sebuah tipe kayu yang biasa digunakan pada furniture Jepang tradisional dan alat-alat musik. Terakhir pada bagian lapisan di konsol tengah menggunakan material Ultrasuede® NU, yang merupakan material baru produksi Toray Industries Inc. All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate menjadi mobil produksi pertama yang menggunakan material ini, yang menggambarkan perpaduan teknologi industri terkini dengan teknik pembuatan karya seni Jepang tradisional.

 

Pengendaraan Dinamis

Melanjutkan pengembangan yang dilakukan pada tahun 2015 dan 2016, Penyempurnaan kali ini bertujuan untuk meningkatkan setiap aspek dinamika berkendara untuk menjadikan All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate ini semakin dewasa. Tujuan untuk menjadikan All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate memiliki performa yang terasa semakin kuat dimaksudkan untuk menjadikan mobil ini mampu dikendalikan baik oleh pengemudi berpengalaman maupun pemula, dan di saat bersamaan menjadikan penumpangnya selalu merasa nyaman, baik saat duduk di depan maupun belakang.

Mesin SKYACTIV yang digunakan pada All New Mazda6 ELITE baik sedan maupun estate kini mendapatkan pengembangan dengan beberapa teknologi baru. Mesin SKYACTIV-G 2.5 yang digunakan pada All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate di Indonesia juga memperoleh beberapa perubahan, antara lain blok silinder aluminium-alloy yang dikurangi bobotnya sehingga mampu mengurangi getaran. Port intake telah didesain ulang dan bentuk piston juga mendapatkan perubahan. Nozzle dari multi-hole injector juga didesain ulang, serta tekanan semprotan bahan bakar ditingkatkan. Coolant control valve menjadikan proses pemanasan mesin juga semakin efisien. Semua perubahan ini menjadikan performa All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate semakin meningkat, bahan bakar semakin ekonomis dan semakin ramah lingkungan.

Mazda kini juga memberikan mesin SKYACTIV-G 2.5 teknologi sistem deaktivasi silinder yang mampu memangkas konsumsi bahan bakar saat berkendara konstan pada kecepatan antara 40 – 80 km/jam.

Mesin SKYACTIV-G 2.5 pada All New Mazda6 ELITE Sedan berkapasitas 2,5 liter dengan tenaga puncak  190 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 252 Nm pada 4.000 rpm.

Sementara untuk All New Mazda6 ELITE Estate dengan kapasitas mesin yang sama 2,5 Liter dengan tenaga puncak 194 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 258 Nm pada 4.000 rpm. Mesin dengan rasio kompresi hingga 13,0:1 ini dikombinasikan dengan transmisi SKYACTIV-DRIVE otomatis 6-speed Activematic dengan Direct Mode dan Active Adaptive Shift.

Sistem suspensi pada All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate juga meningkat secara signifikan dengan beberapa perubahan yang diterapkan. Sistem kemudi, stabilizer di bagian depan dan belakang, serta pegas mendapatkan beberapa peningkatan untuk menghasilkan pengendaraan yang semakin stabil dan kenyamanan. All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate kali ini juga menjadi mobil Mazda pertama yang menggunakan urethane sebagai dudukan atas peredam belakang, memberi kontribusi semakin meningkatnya kenyamanan berkendara.

Pengembangan pada SKYACTIV-BODY All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate juga dilakukan untuk mengimbangi penyempurnaan pada mesin dan chassisnya. Fokus pengembangan dilakukan pada peningkatan tingkat kekakuan bodi yang berpengaruh pada kenyamanan penumpang di dalam kabin. Pengurangan NVH (noise, vibration and harshness) dlakukan dengan meningkatkan kekakuan bodi, namun sekaligus memangkas peningkatan bobot yang terjadi, antara lain dengan secara hati-hati mendesain struktur dan memilih material yang digunakan.

 

Tingkat Keselamatan

Sebagai sebuah model flagship, All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate tentu telah dijejali berbagai teknologi keselamatan terkini melalui i-ACTIVSENSE yang terus dikembangkan. Fitur Adaptive LED Headlights telah disempurnakan.  Sebagai tambahan, All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate kini juga mengadopsi 360° View Monitor terbaru lansiran Mazda, sehingga pengemudi dapat memantau kondisi sekitar kendaraannya secara seksama.

Teknologi i-ACTIVSENSE yang digunakan All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate memberikan deteksi dini terhadap berbagai kemungkinan kondisi pengendaraan yang menjadikan pengemudi dapat mengendalikan mobilnya dengan aman dan meminimalkan kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Teknologi keselamatan yang terdapat pada i-ACTIVSENSE pada All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate antara lain adalah:

  • Adaptive LED Headlights (ALH): Fitur ini meningkatkan visibilitas saat malam dan membantu pengemudi menghindari bahaya saat berkendara di malam hari dengan memadukan penggunaan  20 blok baris Glare-free High Beam yang memiliki pengaturan jarak jangkauan penyinaran dan Wide-range Low Beam. ALH secara otomatis akan mengubah sorotan lampu utama dari lampu jauh ke lampu dekat saat mobil mendeteksi adanya pergerakan lalu-lintas.
  • Blind Spot Monitoring (BSM): Fitur ini menggunakan sensor radar di bagian belakang untuk mendeteksi kendaraan yang berada di posisi blind spots di bagian belakang dan samping, atau kendaraan yang mendekat dengan cepat, dan mengingatkan pengemudi melalui lampu peringatan di kedua spion samping serta melalui suara alarm.
  • Rear Cross-Traffic Alert (RCTA): RCTA menggunakan sensor yang sama dengan BSM untuk mengingatkan pengemudi saat mendeteksi ada kendaraan yang mendekat dari salah satu sisi ketika mobil tengah mundur. Peringatan diberikan oleh indikator yang berkedip di kaca spion dan melalui suara alarm.
  • Lane-Departure Warning System (LDWS): Fitur ini mendeteksi marka jalan. Saat sistem mendeteksi mobil meninggalkan lajurnya, maka akan terdengar suara peringatan yang sama dengan suara ketika mobil melewati rumble strip untuk mengingatkan pengemudi agar mengoreksi arahnya. Sistem ini juga membaca input yang dilakukan pengemudi seperti penggunaan lampu sein sebelum berpindah lajur akan menonaktifkan fitur ini.
  • Lane-keep Assist System (LAS): Kamera sensor di bagian depan akan mendeteksi marka jalan dan membantu sistem kemudi untuk menjaga pengendaraan tetap sesuai di lajurnya. Sistem ini juga akan mengingatkan pengemudi saat mendeteksi perpindahan lajur dengan getaran di lingkar kemudi, atau melalui suara alarm. Saat sistem mendeteksi terjadinya perpindahan lajur dengan penggunaan lampu sein, fitur ini akan menjadi nonaktif. Fitur ini bekerja pada kecepatan di atas 60km/jam.
  • Smart City Brake Support Rear (SCBS R): Sensor ultrasonik yang diletakkan pada bumper belakang membuat fitur SCBS R dapat mendeteksi kendaraan dan halangan yang ada di bagian belakang mobil saat mundur pada kecepatan antara 2 – 8 km/jam. Saat ada objek yang terdeteksi maka fitur ini akan otomatis mengerem.
  • Smart City Brake Support (Advanced SCBS): Dengan menggunakan kamera sensor muka berperforma tinggi, SCBS mendeteksi kendaraan yang berada di depan mobil dan secara otomatis akan mengaplikasikan rem untuk menghindari terjadinya kecelakaan dan memitigasi kerusakan saat berkendara antara 4 dan  30 km/jam (mendeteksi kendaraan).
  • Dynamic Stability Control & Traction Control System (DSC/TCS): Fitur ini membaca sudut putaran kemudi, roda dan sensor oleng untuk mengoptimalkan aliran tenaga ke permukaan jalan dan memitigasi kemungkinan mobil terguling.
  • Antilock Brake System (ABS): Rem Antilock mengatur pengereman untuk memastikan pengereman yang konsisten dan dapat terkendali.
  • Driver Attention Alert (DAA): DAA menggunakan informasi seperti sudut putaran kemudi, kecepatan mobil dan output dari kamera detektor di bagian depan untuk memperingatkan kondisi pengemudi dan membantu mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan kelelahan atau berkurangnya kewaspadaan.
  • 360° View Monitor: Menggunakan empat kamera di depan, samping dan belakang mobil, sistem ini akan menunjukkan kondisi di sekitar mobil pada layar utama. Delapan sensor parker di depan dan belakang akan memperhitungkan jarak dengan halangan di sekeliling mobil dan memberikan peringatan. Sistem ini juga dapat memberikan gambaran pada sudut buta (blind spot) Fitur ini memberikan kemampuan pengendara untuk menghindari bahaya saat parkir atau di lingkungan lalu lintas yang padat.

 

Di Indonesia, PT EMI menawarkan All New Mazda6 ELITE Sedan dengan harga Rp 649,8 juta dan All New Mazda6 ELITE Estate berbanderol Rp 554,8 juta, keduanya OTR DKI Jakarta.

 

Data & Spesifikasi New All New Mazda6 ELITE Sedan dan Estate

  Model

  All New Mazda6 ELITE Sedan

  All New Mazda6 ELITE Estate

  Tipe Bodi

  Sedan, 5-penumpang

  Estate, 5-penumpang

  Mesin

  SKYACTIV-G 2.5L DOHC 4 cylinder, 16V

  Kapasitas mesin (cc)

  2.488

  Transmisi

  Otomatis 6-speed (SKYACTIV-Drive)

  Drive

  2WD

  Max Power (HP/rpm)

  190 / 6.000

  194 / 6.000

  Max Torque (Nm/rpm)

  252 / 4.000

  258 / 4.000

  Dimensions (L/W/H) mm

  4.865 / 1.840 / 1.450

  4.800/ 1.840 / 1.480

  Wheelbase (mm)

  2.830

  2.750

PT Eurokars Motor Indonesia berhak mengubah spesifikasi serta detail kendaraan di website ini sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
Beberapa spesifikasi, fitur, material serta data lain pada website ini mungkin berbeda dengan kendaraan yang tersedia dan dapat berbeda di setiap Negara.