News

Mazda Ajak Awak Media Rasakan Sensasi Berkendara Mazda CX-3

 

Jakarta, 22 April 2017 PT Eurokars Motor Indonesia, bagian dari Eurokars Group,
mengajak 12 awak media untuk berpartisipasi dalam acara Media Drive Mazda CX-3. Mazda
CX-3, yang sudah lama ditunggu oleh pencinta Mazda di Indonesia, untuk pertama kalinya
turun ke jalan di Jakarta. Kesempatan pertama diberikan kepada awak media dalam
perjalanan dari Jakarta menuju kota Bandung pada tanggal 20 dan 21 April 2017. Dalam
acara yang berlangsung selama dua hari itu, ke-12 awak media akan merasakan fitur-fitur
terdepan Mazda yang disandang Mazda CX-3.


Mazda CX-3 di Indonesia pertama kali diperkenalkan pada ajang GAIKINDO International
Auto Show (GIIAS) 2016, yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD
City, Tangerang pada tanggal 11 21 Agustus 2016. Mazda CX-3 kembali muncul bersama
model - Model Mazda lainnya pada acara "Peluncuran Secara Resmi PT Eurokars Motor Indonesia sebagai Distributor Mobil Mazda di Indonesia"
di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta pada 14 Maret 2017 yang lalu.


Pada pagi hari awak media sudah berkumpul di Aphrodite Club di Kawasan Kuningan,
Jakarta untuk memperoleh pembekalan informasi mengenai Mazda CX-3 yang disampaikan
oleh Product Planning Expert dari PT Eurokars Motor Indonesia, Bonar Damarjati Pakpahan.
Bendera Start dikibarkan oleh Sales, Marketing & PR Director, PT Eurokars Motor Indonesia,
Ricky Thio yang secara simbolis melepas ke-12 awak media mengendarai Mazda CX-3
Touring untuk menandakan dimulainya perjalanan Media Drive Mazda CX-3 ini.
Awak media mencoba untuk pertama kalinya mengendarai 2 model Mazda CX-3, yaitu
Mazda CX-3 IPM (Interim Product Measure) atau Facelift dan Mazda CX-3 Non IPM, yaitu
Mazda CX-3 varian sebelumnya.


Dalam sesi khusus di Sirkuit Sentul, awak media membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk
membiasakan diri dengan teknologi stabilisasi G-Vectoring Control (GVC) Mazda terbaru
yang dirancang untuk mengendalikan dan meminimalkan dampak G-force dan inersia bagi
pengemudi dan penumpang. Sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih
mulus dan berkendara yang lebih nyaman. Mereka juga merasakan perbedaan tingkat
kenyamanan dan keamanan antara mengendarai dua varian Mazda CX-3, yang
menggunakan teknologi GVC dengan yang tidak.
Ricky Thio, Sales, Marketing & PR Director, PT Eurokars Motor Indonesia mengatakan,
"Mazda CX-3 mengadopsi fitur andalan terbaru teknologi Mazda, G-Vectoring Control (GVC),
yang menambahkan kenyamanan dan keamanan tanpa mengorbankan sensasi berkendara
khas ZOOMZOOM Mazda. Melalui Mazda Media Drive, awak media merasakan cengkeraman
roda yang sangat baik dan redaman guncangan pada kendaraan Mazda yang dilengkapi
dengan GVC. Dengan demikian, perjalanan dari Jakarta ke Bandung via Puncak tidak
melelahkan bagi mereka. Jalan yang berkelok-kelok di daerah Puncak dan Gunung Kapur
yang menantang membuktikan keunggulan teknologi GVC Mazda. " 

 

Penciptaan lingkungan berkendara yang nyaman memungkinkan pengemudi untuk secara
intuitif dan akurat merasakan respons mobilnya dan mengoperasikan kendaraan dengan
lancar merupakan prinsip dasar Mazda "Jinba-ittai"- kesatuan antara pengendara dan mobil.
Mazda menyempurnakan prinsip-prinsip ini dalam model CX-3 terbarunya, " tambah Thio.
Pada kesempatan mencoba Mazda CX-3, awak media juga dapat merasakan filosofi desain
Mazda KODO: Soulf of Motion, yaitu fitur-fitur unggulan yang terangkum dalam
SKYACTIV-Technology, SKYACTIV-CHASSIS, penggunaaan baja berkualitas tinggi pada
SKYACTIV-BODY secara sempurna menambah tingkat keamanan dan kenyamanan
berkendara baik bagi pengemudi maupun penumpang.
Sepanjang perjalanan yang menarik dan menantang melalui jalur legendaris Jakarta
Puncak Bandung melalui kawasan Gunung Kapur Padalarang lalu lanjut menuju kota
Bandung melalui kota Purwakarta, awak media selalu dimudahkan oleh fungsi
entertaintment yang terintegrasi dengan fungsi komunikasi yang dimiliki oleh Mazda CX-3
melaui fitur MZD Connect. Para pengemudi dapat dengan mudah melakukan pengaturan
fungsi-fungsi entertainment, komunikasi sekaligus dapat memantau kondisi kendaraan
melalui Commander Control yang terletak persis di bagian tengah console.
Kenyamanan yang mereka rasakan tersebut membuat perjalanan Jakarta menuju Bandung
terasa singkat, sampai awak media tiba di tujuan akhir di Bandung, yaitu The Clove Hotel.
Awak media bermalam di The Clove Hotel dan esokan harinya kembali dari Bandung ke
Jakarta menempuh rute melalui jalan tol Cipularang mengambil jalur ke arah Jakarta Utara
dan titik akhir adalah Dapur Solo, Sunter untuk santap malam bersama.
PT Eurokars Motor Indonesia memiliki dua varian Mazda CX-3 yaitu TOURING dan GRAND
TOURING (GT). Pada varian tertinggi yaitu GT telah dilengkapi dengan fitur keselamatan
tingkat tinggi yaitu i-ACTIVESENSE yang didalamnya tercakup fitur keselamatan ALH
(Adaptive LED Headlamps); BSM (Blind Spot Monitoring) + RCTA (Rear Cross Traffic Alert);
LDWS (Lane Departure Warning System); SCBS-Forward (Smart City Brake Support-
Forward) dan DAA (Driver Attention Alert).
Mazda CX-3 juga menampilkan warna-warna baru dan menarik seperti Machine Grey dan
Titanic Flash disamping berbagai warna yang ada termasuk Snowflake White Pearl Mica, Jet
Black dan Mazda's Hero Color: Soul Red Metallic.
Untuk menambah kenikmatan berkendara sambil menikmati perjalanan, Mazda CX-3 varian
TOURING menggunakan bahan jok leatherette dengan aksen jahitan senada dengan warna
jok yang memberikan kesan mewah. Sementara untuk Mazda CX-3 varian tertinggi GRAND
TOURING, penggunaan bahan jok leather dengan aksen jahitan warna merah dipadu dengan
bahan suede memberikan kesan sporty sekaligus menambah kenyamanan berkendara. 

Penjelasan singkat mengenai GVC (G-Vectoring Control) 

 

G-Vectoring Control (GVC) merupakan bagian dari SKYACTIV-VEHICLE DYNAMICS yang
melengkapi jajaran SKYACTIV-Technology.
- GVC merupakan teknologi terbaru dan luar biasa dari Mazda yang baru pertama kali
digunakan pada kendaraan.
- GVC akan mengurangi torsi mesin sebanyak maksimal 3% saat mobil mulai memasuki
tikungan, dan mengembalikannya lagi saat keluar dari tikungan. Proses itu berlangsung
berulang-ulang dalam waktu yang sangat cepat hingga sepersekian detik, termasuk pada saat
mobil melaju di jalan lurus. Perlu diingat bahwa saat mobil melaju di jalan lurus, bukan berarti
mobil meluncur lurus dengan sempurna. Sesungguhnya, mobil melaju berkelok-kelok,
walaupun dalam skala sangat kecil.
- Pada saat torsi mesin dikurangi, maka bobot mobil akan berpindah ke roda depan
sehingga cengkraman pada roda depan bertambah, dengan demikian kemungkinan terjadinya
understeer dapat dikurangi, serta secara otomatis mengalihkan gaya sentrifugal (ke samping)
sedikit ke arah depan.
- Pada saat torsi mesin dikembalikan, bobot mobil akan berpindah ke belakang sehingga
menambah cengkraman roda belakang, akibatnya kemungkinan terjadinya oversteer dapat
dikurangi, serta secara otomatis mengalihkan gaya sentrifugal menjadi sedikit ke belakang.
- Dari segi kenyamanan, GVC akan mengurangi penderitaan pengemudi maupun
penumpang akibat gaya sentrifugal ke samping saat mobil memasuki tikungan. Dengan
demikian kelelahan pengemudi maupun penumpang akan sangat berkurang sehingga
menjadikan pengendaraan lebih nyaman.
- Dari segi keselamatan, GVC juga akan mengurangi penderitaan mobil itu sendiri akibat
gaya sentrifugal ke samping saat mobil memasuki tikungan, sehingga kemungkinan terjadinya
understeer maupun oversteer akan jauh berkurang.

PT Eurokars Motor Indonesia berhak mengubah spesifikasi serta detail kendaraan di website ini sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
Beberapa spesifikasi, fitur, material serta data lain pada website ini mungkin berbeda dengan kendaraan yang tersedia dan dapat berbeda di setiap Negara.