PT. Eurokars Motor Indonesia

PT. Eurokars Motor Indonesia is part of Eurokars Group, which was established in 1985. Exceptional customer service; reliable and efficient sales and aftersales support; state-of-the-art workmanship, and meticulous attention to detail are some of the qualities that Eurokars Group is associated with

Grill Mazda, Mengedepankan Desain dan Fungsi

05.20.2022

Lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 6 Agustus 1875 di Kota Hiroshima, Matsuda Jujiro, seorang inovator jenius Bernama Matsuda Jujiro lahir. Seseorang dengan impian besar menciptakan sebuah produk inovasi yang hingga hari ini memberikan solusi bagi para penggunanya—Mazda. 

Selain dikenal sebagai pekerja keras, Jujiro pun selalu mendengarkan setiap ilmu dan arahan yang diberikan para seniornya mengenai teknik memandai besi. Hingga tibalah kerja keras yang dilakukan oleh Jujiro pun membuahkan hasil. 

Pada 1921, ia memutuskan untuk kembali ke kampung halaman dan diminta untuk mengelola pabrik pembuat tutup botol yang hampir bangkrut bernama Toyo Cork Kogyo. Namun, Jujiro menyulap pabrik tersebut menjadi sebuah pabrik manufaktur mesin beroda tiga bernama Mazdagosebuah cikal bakal dari brand mobil Mazda. 

Melalui kisah perjalanan Jujiro yang penuh dengan semangat untuk tumbuh inilah yang melanggengkan Mazda sebagai pilihan produk yang selalu melekat di hati semua orang. 

Dari Hasil Kerja Keras Matsuda, Terciptalah Grill Penuh Pesona

Nilai dan filosofi dari kisah hidup Jujiro divisualisasikan ke dalam sebuah grill Mazda yang tampil elegan dengan akses modern. Futuristik dan elegan menjadi semangat bagi Mazda untuk melakukan ekspansi ke seluruh dunia. 

Salah satu upaya menuju impian besar tersebut, Mazda selalu memperhatikan desain dan fungsi secara detil. Salah satunya dengan mengembangkan desain grill pada mobil yang fungsional dan tetap mempertimbangkan desain.

Grill mobil menjadi salah satu komponen yang dapat memberikan sirkulasi udara pada ruang mesin dan udara yang akan masuk melalui lubang, sehingga temperatur dalam ruang mesin mobil dapat selalu terjaga dengan baik. Selain itu, grill juga akan membantu proses pendinginan mesin memakai radiator.

Oleh karena itu, pabrik otomotif pun tidak sembarang dalam mendesain grill. Dari sekian banyak mobil yang sudah diproduksi, sebagian besar pabrik mendesain grill mobil dengan bentuk garis horizontal atau honeycomb

Dulunya, desain grill yang jadi primadona adalah honeycomb, seperti yang ada pada mobil Mazda 2, Mazda 3, Mazda 6, Mazda CX-5, dan Mazda CX-30. Desain tersebut menyerupai sarang lebah dengan celah angin yang banyak. Celah yang banyak itulah yang dinilai cukup efektif membuat proses pendinginan mesin menjadi lebih cepat dan efisien. 

Meskipun terlihat apik dan unik, ternyata grill model honeycomb tersebut tidak dianggap sebagai desain grill yang ideal. Celah yang terlalu banyak pada grill malah akan memberikan tekanan angin yang lebih besar pada mobil. Namun, dengan etos kerja yang luar biasa, Mazda pun berhasil menyelesaikan permasalahan tersebut dengan memberikan sentuhan terbaru untuk desain grill mobil buatannya. 

Grill New Mazda CX-5, Seimbangkan Desain dan Fungsi

Pada desain grill teranyar, Mazda tetap memberikan aspek fungsi yakni menjadi lebih tahan terhadap tekanan angin atau aerodinamis. Tidak hanya menawan dalam segi desain, Mazda juga fokus pada aspek fungsi agar seimbang dan membuat nyaman penggunanya. Desain grill yang baru pun mulai diterapkan pada mobil Mazda New Mazda CX-5. 

Desain grill depan dan signature wing yang baru memberi aura yang lebih premium dan segar pada eksterior dari New Mazda CX-5. Kalau dilihat sekilas, memang tidak banyak perubahannya. Namun, jika lebih diperhatikan, tampilan grill New Mazda CX-5 makin berwibawa dengan model tiga dimensi dan konsep “less is more” yang menekankan estetika Jepang minimalis dan sederhana. 

Dengan bentuk grill terbaru ini, udara yang menabrak mobil mampu disaring dan tidak semuanya masuk ke dalam mesin. Tetapi akan dialirkan ke bagian samping dan atas mobil, sehingga dapat menjaga temperatur di ruang mesin tidak melewati batas saat mobil sedang melaju. Jika udara tidak masuk dengan baik pada kisi-kisi grill, maka temperatur mesin bisa meningkat dan mengalami overheat.

Pabrik mobil kebanyakan membuat grill dengan bahan stainless steel yang terkenal tahan karat, ringan, dan awet. Namun kekhasan desain tetap membutuhkan usaha untuk menjaga grill agar dapat menunjang keindahan eksterior mobil. Sebab, desain grill pada sebuah mobil juga bisa menjadi identitas sebuah merek.

Untuk menjaga agar grill mobil dapat bertahan lama, Anda pun dapat melakukan beberapa tips untuk merawatnya seperti rajin mencuci dan menyikat mobil, serta pastikan agar grill terhindar dari debu maupun kotoran. Tak hanya itu, untuk merawat grill, Anda juga perlu mengelapnya dengan kain lap yang lembut. Kemudian mengoles grill dengan wax juga rutin dilakukan supaya tampilannya tetap berkilau.