Mudik Lebaran Bersama Mazda: Tips Agar Selama Perjalanan Tetap Nyaman

04.28.2022

Mudik lebaran merupakan momen yang paling dinantikan bagi sebagian banyak orang. Kembali ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga besar menjadikan mudik lebaran sebagai momentum yang istimewa. 

Terlebih, sudah dua tahun pemerintah melakukan pembatasan akibat pandemi Covid-19, membuat banyak orang kehilangan momen tersebut. Aktivitas mudik lebaran pun terpaksa harus ditiadakan sementara, demi keselamatan semuanya.

Namun, di Hari Raya Idul Fitri 2022, pemerintah pun kini melonggarkan aturan pembatasan dan memperbolehkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik kembali. 

Nah, Jika Anda lebih senang melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi, sebaiknya perlu untuk melakukan beberapa persiapan. Berikut adalah lima tips mudik lebaran dari Mazda untuk membantu Anda mewujudkan perjalanan mudik yang aman, nyaman, dan menyenangkan. 

1. Memastikan Kondisi Mobil 

Bila Anda sudah memutuskan akan melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil, pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima karena menyangkut keselamatan Anda dan keluarga. 

Oleh karena itu, dianjurkan melakukan servis mobil sebelum perjalanan mudik. Periksa kondisi ban untuk menghindari ban kempes atau pecah ban di perjalanan. Jangan lupa juga sediakan ban serep yang memadai dan dongkrak sebagai antisipasi apabila terjadi insiden yang tidak diharapkan. 

Lakukan tune up mobil yang bertujuan memeriksa kondisi mesin pada mobil dan mengatur ulang semua komponen mesinnya agar kembali prima. Di samping itu, pemeriksaan kondisi aki, rem, radiator, freon, dan komponen lain pada mobil juga jangan sampai terlewat, karena akan berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan perjalanan. 

Dalam rangka Lebaran Campaign 2022, Mazda menawarkan fasilitas servis mobil gratis. Event yang dijadwalkan pada tanggal 4 April – 8 Mei 2022 ini juga akan memberikan satu liter Mazda Genuine Oil secara cuma-cuma. 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan diskon sebesar 40% untuk pembelian suku cadang tertentu dan diskon jasa 10% selama periode berlangsung. Untuk keadaan emergency, Mazda menawarkan layanan siap siaga selama 24 jam selama periode libur lebaran. Pengemudi Mazda dapat menghubungi Call Center di nomor 1500985 atau Emergency Road Assistance (ERA) di nomor 14051 untuk wilayah Jabodetabek. Nomor ini dapat diakses oleh customer Mazda selama 24 jam.

2.   Menjaga Kesehatan

Selain memastikan kondisi mobil agar tetap prima, jangan lupa memastikan kondisi kesehatan Anda supaya tetap fit. Sebab, perjalanan mudik yang panjang dan melelahkan pastilah akan menguras energi dan fokus Anda.

Bila Anda merasa mengantuk saat berkendara, sebaiknya beristirahat di rest area terdekat. Di sana Anda bisa merileksasikan tubuh dan menghirup udara segar yang bisa mengembalikan fokus Anda setelah berkendara selama berjam-jam. 

Lalu, demi mendapatkan kondisi tubuh yang sehat dan bugar sebelum perjalanan mudik, selalu pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup, memakan makanan bergizi, minum multivitamin, dan menjaga kebersihan. 

Dalam upaya menjaga kebersihan dan kesehatan apalagi dalam masa pandemi seperti saat ini, Mazda mempunyai penawaran desinfeksi mobil Anda secara gratis. Perjalanan mudik Anda pun jadi lebih nyaman tanpa khawatir membawa virus ke kampung halaman.

3. Tidak Membawa Barang Terlalu Banyak

Salah satu fenomena mudik yang masih kerap dijumpai di jalanan adalah banyaknya mobil yang membawa beban barang terlalu banyak hingga memenuhi bagian atas mobil. Kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan dan lebih baik dihentikan. 

Membawa beban terlalu banyak bisa mengakibatkan insiden kecelakaan. Sebab, beban mobil yang terlalu berat dapat berpengaruh pada pengendalian supir. Semakin berat beban yang ditumpu mobil, maka mobil akan lebih susah dikendalikan terutama pada waktu pengereman. 

Tidak hanya itu saja, mobil yang mengalami kelebihan muatan cenderung lebih boros bahan bakar. Pada mobil sudah ditetapkan batas maksimal muatan yang bisa dibawa. Bila mobil mengangkut beban berlebih, otomatis mesin mobil akan bekerja lebih keras yang mengakibatkan borosnya penggunaan bahan bakar. 

4. Memilih Bahan Bakar yang Tepat

Tidak jarang pengemudi mobil mengganti-ganti bahan bakar karena pertimbangan harga dan memilih jenis bahan bakar yang lebih ekonomis untuk menghemat pengeluaran. Namun, kebiasaan mengganti bahan bakar ini memiliki efek samping cukup serius pada mobil. 

Jika mesin mobil Anda tidak mendapatkan bahan bakar yang tepat, bisa menimbulkan kerak di saluran injektor dan juga pada mesin mobil. Kerak tersebut dapat memperberat kerja mesin. 

Tentunya akan berpengaruh pada penggunaan bahan bakar kendaraan Anda yang jadi lebih boros. Selain bisa menguras kantong, perjalanan mudik Anda pun menjadi tidak nyaman karena harus sering-sering berhenti mengisi bensin. 

5. Perencanaan Perjalanan

Salah satu persiapan sebelum melakukan perjalanan mudik adalah menyiapkan dana yang hendak dikeluarkan. Jangan sampai besar pasak daripada tiang yang nantinya bisa mengganggu cash flow

Untuk mengantisipasi hal tersebut, akan lebih baik Anda melakukan perencanaan perjalanan. Tujuannya adalah memperkirakan jumlah pengeluaran dan menghindari pengeluaran tak terduga. 

Caranya adalah dengan tentukan rute perjalanan mana yang akan dipilih dengan mempertimbangkan jarak dan lama perjalanan. Tentukan juga rest area yang akan disinggahi. 

Selain itu, tentukan juga destinasi mana saja yang akan dikunjungi selama pulang kampung, seperti objek wisata, restoran, dan toko oleh-oleh. Dengan melakukan kiat tersebut bisa mempermudah Anda dalam mengelola pengeluaran. 

 

Itulah kelima tips mudik lebaran yang bisa Anda terapkan jika berencana melakukan perjalanan dengan mobil pribadi. Selalu utamakan keselamatan berkendara karena keluarga di kampung halaman sudah menanti.