Gambar 1 - Sepanjang GIIAS Semarang 2024, Mazda memamerkan empat model andalan, antara lain: Mazda CX-60 (3.3L AWD) Elite Machine Grey Metallic, Mazda 3 Sedan Soul Red Crystal Metallic, Mazda CX-5 Kuro (AWD) Platinum Quartz Metallic, dan Mazda CX-3 Sport (1.5L) Soul Red Crystal Metallic.
Semarang, 31 Oktober 2024 – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Agen Pemegang Merek (APM) Mazda di Indonesia, dengan bangga mengumumkan pencapaian luar biasa pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series 2024 di Kota Semarang. Dengan total penjualan mencapai 42-unit, acara ini menandai penutupan yang sukses bagi rangkaian GIIAS yang digelar di kota-kota besar seperti Jakarta (BSD City, Tangerang Selatan) , Surabaya, Bandung, dan Semarang. Selama gelaran terakhir di Semarang, yang berlangsung dari tanggal 23 hingga 27 Oktober 2024, Mazda mencatatkan total penjualan sebesar Rp24.373.300.000.
Peningkatan Penjualan yang Signifikan
Mazda berhasil meraih pertumbuhan penjualan sebesar 133% di GIIAS Semarang 2024, dibandingkan pencapaian tahun sebelumnya (2023). Mayoritas line-up kendaraan Mazda menunjukkan performa penjualan yang solid, tanpa penurunan, dibandingkan dengan tahun lalu (2023). Berikut adalah rincian penjualan berdasarkan model dan warna:
Penjualan Per Model
Model |
Jumlah SPK |
Persentase (%) |
Mazda CX-3 Sport |
14 |
33.3% |
Mazda CX-5 Kuro |
10 |
23.8% |
Mazda 3 Hatchback |
7 |
16.7% |
Mazda 3 Sedan |
3 |
7.1% |
Mazda CX-60 (Pro, Elite & Kuro) |
3 |
7.1% |
Model Lain-lain |
5 |
11.9% |
Total |
42 |
100% |
Penjualan Per Warna
Warna |
Jumlah SPK |
Persentase (%) |
Soul Red Crystal Metallic |
17 |
40.5% |
Machine Grey Metallic |
5 |
11.9% |
Jet Black Mica |
4 |
9.5% |
Platinum Quartz Metallic |
4 |
9.5% |
Warna Lain-lain |
12 |
28.6% |
Total |
42 |
100% |
Mazda CX-3 Sport menjadi sorotan utama sebagai model terlaris dengan total penjualan 14-unit, menandakan peningkatan luar biasa sebesar 367% dibandingkan tahun 2023. Warna Soul Red Crystal Metallic kembali menjadi favorit utama konsumen Mazda di Kota Semarang, terutama untuk model-model seperti Mazda CX-3 Sport dan Mazda 3 Hatchback. Selain Mazda CX-3 Sport, line-up Mazda lain yang berkontribusi signifikan antara lain Mazda CX-5 Kuro dengan 10-unit, Mazda 3 Hatchback dengan 7-unit, Mazda 3 Sedan dengan 3-unit, dan Mazda CX-60 (Pro, Elite & Kuro) dengan 3-unit.
Rekap Pencapaian GIIAS 2024
Selama rangkaian GIIAS 2024, Mazda menunjukkan performa impresif dengan total penjualan sebagai berikut:
TOTAL : 951-unit Surat Pemesanan Kendaraan (SPK)
Ricky Thio, Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), menyatakan, “Kami sangat berterima kasih atas sambutan hangat dari masyarakat di berbagai kota, terutama di Semarang. Antusiasme ini adalah bukti bahwa Mazda diterima dengan baik sebagai merek premium pilihan konsumen. Kami juga mengapresiasi dukungan GAIKINDO yang telah memberi ruang bagi kami untuk terus mengembangkan pasar otomotif di Indonesia melalui rangkaian GIIAS 2024.”
“Mazda berkomitmen untuk konsisten menghadirkan produk otomotif terbaik yang mengusung KODO Design dengan prinsip berkendara Jinba-Ittai, memberikan pengalaman berkendara yang berkesan untuk konsumen. Dalam waktu dekat, kami pun akan memperkenalkan teknologi inovatif terbaru, yang mendukung keberlanjutan dan efisiensi. Dengan dukungan GAIKINDO dan seluruh mitra, PT EMI berharap dapat terus memperkuat posisi Mazda sebagai merek otomotif premium yang mampu memenuhi, bahkan melampaui ekspektasi konsumen Indonesia, serta berkontribusi positif terhadap industri otomotif nasional,” tutup Ricky.
Sampai Jumpa di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024
PT EMI mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan Mazda di GIIAS 2024. Mazda akan kembali menyapa para pecinta otomotif di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 dengan line-up produk unggulan yang siap memberikan pengalaman berkendara khas Mazda, yang tak terlupakan.