Menggali Filosofi Mazda, Bagaimana SUV Premiumnya Mewakili Kualitas dan Inovasi

18.10.2024

Mazda, sebagai produsen otomotif asal Jepang yang dikenal dengan pendekatan unik terhadap desain dan teknologi, telah menempatkan diri sebagai pemain utama dalam segmen SUV premium.

Setiap model kendaraan Mazda memiliki cerita unik di balik pembuatannya, yang memberikan nilai premium pada setiap produk. Mazda terus mengedepankan dua filosofi kunci, yaitu KODO dan Jinba-Ittai, dalam setiap kendaraan yang diluncurkan. 

Filosofi-filosofi ini menjadi dasar bagi pabrikan dalam menciptakan produknya, mulai dari desain hingga performa. Dari situlah muncul cerita yang menjadi kekuatan dan daya tarik setiap mobil Mazda.

  1. Jinba-Ittai

Istilah Jinba-Ittai berasal seni berkuda, yang menggambarkan hubungan intuitif antara pengendara dan kuda. Filosofi ini menjadi dasar bagi desainer Mazda dalam menciptakan setiap kendaraan.

Tujuan dari Jinba-Ittai adalah untuk menciptakan perasaan kesatuan antara pengemudi dan mobil yang mereka kendarai. Konsep ini pertama kali diperkenalkan saat produksi Mazda MX-5 Miata dan kini diterapkan pada semua model kendaraan Mazda yang dibuat di Hiroshima. 

Dengan adanya harmonisasi antara kendaraan dan pengemudi, pengalaman berkendara yang dihasilkan menjadi lebih menyenangkan, nyaman, aman, dan memuaskan.

 

  1. KODO Design

Mazda memilih filosofi KODO sebagai dasar dalam mendesain setiap kendaraanya dengan tujuan untuk menciptakan “Soul of Motion” atau jika diartikan sebagai “Jiwa Gerak”.

Mazda percaya bahwa mobil bukan hanya sekedar alat transportasi, tetapi juga harus memiliki "kehidupan" yang terpancar dari desainnya. Tujuan dari desain Kodo adalah untuk menciptakan ikatan emosional yang mendalam antara mobil dan pengemudinya. 

Dengan pendekatan ini, Mazda berusaha menggugah perasaan dan menghidupkan pengalaman berkendara, sehingga setiap kendaraan tidak hanya dilihat sebagai benda mati, tetapi sebagai sesuatu yang memiliki karakter dan daya tarik.

Baca Juga: GIIAS Surabaya 2024: Mazda Cetak Penjualan Rp 41,4 Miliar dan Raih Penghargaan SUV Terbaik oleh GAIKINDO

Filosofi yang Berfokus Pada SUV Premium

Keberhasilan Mazda Indonesia sangat dipengaruhi oleh filosofi desain yang diterapkannya, yaitu Kodo dan Jinba-Ittai, yang terlihat di setiap kendaraan SUV premium Mazda CX-60 dan tipe-tipe lainnya.

Dengan menekankan pengalaman berkendara pengemudi, Mazda Indonesia ingin selalu membangun reputasi yang mengungguli merek mobil SUV premium lainnya di tanah air dalam hal kualitas dan keandalan.

Sebagai merek SUV premium, Mazda berkomitmen memberikan desain yang inovatif, performa, dan kenyamanan, dengan komitmen untuk tidak mengorbankan kualitas. Selain itu, Mazda juga berfokus pada edukasi konsumen dan pelanggan tentang nilai-nilai filosofi yang dimilikinya.

 

Komitmen Pada Filosofi Jinba-Ittai dan KODO Design

Mazda meyakini bahwa apapun bentuk teknologi elektrifikasi yang akan diperkenalkan di masa depan, filosofi Jinba-Ittai dan KODO Design ini akan tetap menjadi dasar bagi setiap kendaraan yang mereka buat.

Kekuatan dari setiap mobil Mazda terletak pada dua prinsip inti, desain KODO yang mencerminkan "Jiwa Gerak" dan pengalaman berkendara Jinba-Ittai, yang menggambarkan keterhubungan antara pengemudi dan kendaraan. 

Dengan demikian, terlepas dari teknologi yang digunakan, baik mesin pembakaran dalam (ICE), hybrid, atau listrik, kedua pilar ini akan selalu menjadi karakter utama yang membedakan kendaraan SUV premium Mazda.

Untuk Anda yang ingin merasakan langsung keunggulan filosofi Kodo dan Jinba-Ittai, tidak ada cara yang lebih baik selain merasakannya sendiri. Segera jadwalkan test drive di dealer Mazda terdekat dan rasakan pengalaman berkendara yang penuh kenyamanan, performa superior, dan koneksi intuitif antara Anda dan kendaraan.


Book a Test Drive

Submit here to request your test drive appointment.

REQUEST

Consult with Expert

Get free consultation with our sales.

CONNECT

Find Nearby Mazda Dealer

Find Mazda Dealer within your nearby location.

LOCATE